Solusi Sharing Printer pada Windows 10 dengan Papercut Mobility Print

Hi kawan, pada tutorial kali ini saya ingin sharing tentang bagaimana cara sharing printer pada Windows 10. Dulu sharing printer merupakan p...

Hi kawan, pada tutorial kali ini saya ingin sharing tentang bagaimana cara sharing printer pada Windows 10. Dulu sharing printer merupakan pekerjaan yang cukup mudah. Akan tetapi dengan adanya Windows update yang juga mengupdate security dan firewallnya, membuat sharing printer terkendala.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara uninstall Windows update nya. Akan tetapi masih saja kendala ini muncul dan membuat kita jengkel. Untuk itu kita perlu mencari solusi lain /alternatif dari permasalahan ini. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Papercut Mobility Print.

Meskipun fitur printer preferences nantinya akan hilang jika kita menggunakan sharing printer model ini. Namun setidaknya kita bisa print dari PC lain yang kita remote.

OK, langsung saja ke proses instalasinya. jadi nanti proses install nya ada 2 Proses, yaitu dari sisi Admin dan Client. sebelumnya kita harus download softwarenya dahulu disini.

Install Server

Klik aplikasi setelah berhasil didownload.

Klik I accept the agreement.

proses instalasi server

Tentukan lokasi instalasi (bisa diabaikan jika tidak ada pengaturan khusus terkait aplikasi) kemudian klik Next. Maka anda akan diarahkan ke halaman browser pengaturan akun.

proses instalasi server

Isikan data Anda ke dalam form di atas, kemudian klik Create.

proses instalasi server

Perhatikan gambar di atas, di bagian bawah sebelah kanan adalah Alamat dari Printer Server yaitu : http://DESKTOP-IBI02MP:9163/setup. Computer name dari PC yang saya jadikan contoh adalah : DESKTOP-IBI02MP, makanya URL/ alamat printer servernya jadi demikian. Instalasi dari sisi server sudah selesai. Sekarang kita install client (PC) mana saja yang akan meremote server printer tersebut.

Install PC Clients

Buka browser dan ketikkan alamat Printer server, contoh pada percobaan kali ini adalah http://DESKTOP-IBI02MP:9163/setup (alamat ini hanya contoh).

proses instalasi server

Klik seperti pada keterangan gambar di atas, maka Anda akan mendownload Aplikasi Papercut Mobility Print Client. Setelah selesai download silakan jalankan aplikasinya.

Proses instalasi client

Klik I accept the agreement dan next. Maka akan tampil daftar printer yang tersedia pada server.

Proses instalasi client

Pilih printer yang diinginkan, kemudian klik Next. Proses Selesai

Untuk memastikan printer telah terinstall, anda bisa buka device and Printer.

device and printer

Catatan : Terkadang setelah penggunaan beberapa hari/mingggu printer tidak lagi bisa diremote. Solusinya Uninstall Papercut Mobility Print pada server. Kemudian ulangi langkah instalasi dari awal.

Demikian, semoga bermanfaat. …🙂🙏

manhirman.my.id

COMMENTS

Name

Informasi,4,sharing printer windows10,1,Short,2,SysAdmin,3,Troubleshoot,3,Tutorial,6,Tutorial WA,1,WA tanpa save nomor,1,
ltr
item
manhirman.com: Solusi Sharing Printer pada Windows 10 dengan Papercut Mobility Print
Solusi Sharing Printer pada Windows 10 dengan Papercut Mobility Print
https://www.manhirman.my.id/wp-content/uploads/2022/05/Untitled.png
manhirman.com
https://www.manhirman.com/2022/05/solusi-sharing-printer-pada-windows-10.html
https://www.manhirman.com/
https://www.manhirman.com/
https://www.manhirman.com/2022/05/solusi-sharing-printer-pada-windows-10.html
true
4614355692999142364
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content