Pengertian Web dan Istilah di dalamnya

 Pengertian Situs web  ( bahasa Inggris :  website [1] ) adalah sekumpulan  halaman web  yang saling berhubungan yang umumnya berada pada  p...


 Pengertian

Situs web (bahasa Inggriswebsite[1]) adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan area lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.

Secara garis besar, situs web bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Situs web statis
  2. Situs web dinamis
  3. Situs web interaktif

Web Statis

Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. 

Web statis bisa dibilang lebih baik dalam hal performa dari web dinamis. Kecepatan load yang dimiliki oleh sebuah web statis juga keamanan yang lebih tahan dari serangan hacker menjadikan beberapa orang masih memilih untuk membuat sebuah website statis.

Web statis pun lebih mudah dalam proses pengembangan karena tidak memerlukan fungsi-fungsi yang kompleks seperti kalau kita ngoding web dinamis.

Tapi web statis juga punya kekurangannya sendiri. Problem utama pada web statis adalah apabila si pemilik web ingin memperbarui konten yang ada di dalam webnya. Pemilik web harus merombak isi kodenya untuk bisa memperbarui isi kontennya. Kalau si pemilik bisa ngoding sih gak masalah, tapi kalau gabisa? Terpaksa harus kembali menghubungi desainer atau developer yang membuatkan website untuknya.

Kekurangan lain ialah jika membuat sebuah toko online yang mempunyai banyak produk di dalamnya. Si pemilik website harus selalu mengupdate barangnya kalau-kalau barang tersebut habis atau tambah barang baru.

Web Dinamis

Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

Web dinamis merupakan sebuah website yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan update content secara langsung, dalam artian pengguna dapat menambah, memodifikasi, ataupun menghapus konten di dalam sebuah web tanpa harus membuka struktur kode dari web tersebut. Karena fungsi inilah, ngoding web dinamis menjadi lebih rumit daripada ngoding web statis.

Tapi karena kaya fitur itulah proses ngoding web dinamis tidak semudah membuat web statis. Diperlukan pemahaman bahasa pemrograman yang lebih, juga memerlukan biaya yang lebih dari web statis dalam hal pembuatan, maintenance, dan penambahan fitur lain seperti pengolahan database.

Dalam hal keamanan pun, web dinamis bisa dikatakan cukup rentan terhadap serangan cyber. Fitur seperti pembayaran dan pendaftaran data diri seseorang yang bisa saja diretas sehingga data-data tersebut bocor.

Web Interaktif

Website interaktif adalah model website dimana pengunjung/visitor bisa berinteraksi langsung dengan program maupun pengguna lain.

Istilah-istilah dalam Web

Domain

adalah alamat sebuah situs web, sebenarnya alamat dari situs-situs yang eksis di Internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka, contohnya 17.125.135.147 bila angka ini diketik di addres bar di penejelajah web maka akan terbuka situs web Google, contoh lain 72.30.38.140 kalau ini yang diketik maka akan terbuka Yahoo. Penggunaan angka-angka ini sering disebut dengan alamat IP padahal itu sebenarnya adalah alamat domain.

Domain menggunakan kata-kata bertujuan supaya penggunaannya lebih mudah diingat daripada harus menghafal urutan angka-angka yang panjang. Oleh sebab itu, para ahli Internet membuat sistem penamaan domain dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut.

Bagian-bagian dari domain.

  • nama domain
  • extension (ekstensi) yang digunakan

Contohnya: wikipedia.org yang menjadi nama domain adalah wikipedia dan ekstensi yang digunakan adalah .org. Pada awalnya, ekstensi domain tidak begitu banyak, sekarang ekstensi domain sudah sangat banyak di antaranya (.com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya). Pemberian extensi terhadap sebuah domain tidak boleh sembarangan terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi yang hanya disediakan bagi lembaga pendidikan dan pemerintah saja.

Subdomain

Jika analogikan sebagai sebuah buku, dalam sebuah buku ada bab dan juga ada subbab yang merupakan bagian dari sebuh bab. Begitu juga dengan domain, subdomain merupakan halaman bagian dari sebuah domain. Contohnya http://id.wikipedia.org/ wikipedia.org merupakan sebuah domain dan id adalah subdomain dari domain wikipedia.org tersebut.

URL (uniform resource locator)

Yaitu cara penamaan alamat file di Internet, serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada. URL biasa disebut dengan nama domain, contohnya http://www.ensiklopedia.com.

Di dalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

URL mempunyai beberapa bagian penting, di antaranya yaitu:

Protokol, Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

Alamat Server/ Penyedia, Dalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server/ penyedianya. Contohnya yaitu: temukanpengertian.blogspot.com

Path File, Merupakan tempat/ lokasi file yang akan kita tuju.

Hosting

Secara sederhana, Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan semua file serta data website (seperti file foto, video, gambar, dokumen, email, scriptdatabase, aplikasi, dan lainnya) pada server yang merupakan Data Center sehingga semua orang yang menggunakan internet dapat mengakses file dan data tersebut. 

Layanan hosting yang digunakan sangat mempengaruhi performa dan kinerja website ke depannya. Apabila layanan web hosting memiliki kapasitas Data Center yang besar serta memiliki daya, RAM, serta bandwidth yang jangkauannya tinggi maka dapat dipastikan performa website akan tetap stabil meskipun terjadi lonjakan trafik di website.

Sumber :

Wikipedia.com, dicoding.com , niagahoster.com

COMMENTS

Name

Informasi,4,sharing printer windows10,1,Short,2,SysAdmin,3,Troubleshoot,3,Tutorial,6,Tutorial WA,1,WA tanpa save nomor,1,
ltr
item
manhirman.com: Pengertian Web dan Istilah di dalamnya
Pengertian Web dan Istilah di dalamnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjtsqcN36y-AE108tKBzXO-1AB4PltsCSBmoUFibcyn0_wWbDCmTuEP-xslDHVFp0dGupuX8gP0H0eBHJuy9khb37dUOpTNexySpn_DUl_nrtpNLnoeapK4-oX2DI3PHooLbBXiIrK2xyo2Po6hitfm3hEqzBZBzIfLELnq6K9NnMSMJ_Y_U6_XEP9g4da/w411-h274/istockphoto-104774995-1024x1024.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjtsqcN36y-AE108tKBzXO-1AB4PltsCSBmoUFibcyn0_wWbDCmTuEP-xslDHVFp0dGupuX8gP0H0eBHJuy9khb37dUOpTNexySpn_DUl_nrtpNLnoeapK4-oX2DI3PHooLbBXiIrK2xyo2Po6hitfm3hEqzBZBzIfLELnq6K9NnMSMJ_Y_U6_XEP9g4da/s72-w411-c-h274/istockphoto-104774995-1024x1024.jpg
manhirman.com
https://www.manhirman.com/2022/06/pengertian-web-dan-istilah-di-dalamnya.html
https://www.manhirman.com/
https://www.manhirman.com/
https://www.manhirman.com/2022/06/pengertian-web-dan-istilah-di-dalamnya.html
true
4614355692999142364
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content